Kewajiban Orang Tua Mendidik Anak


Kewajiban dan tanggung jawab mendidik anak

“Banyak orangtua mengesampingkan pendidikan anak-anak mereka. Terutama pada aspek religius dengan dalih rasa capek dan letih setelah seharian bekerja”

Jawaban Syaikh:

Seorang mu’min wajib memperhatikan pendidikan anak-anaknya dengan baik sebagai implementasi firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusai dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (At Tahrim:6).

Juga pelaksanaan tanggung jawab yang dibebankan lewat lisan Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam: “Seorang lelaki memimpin keluarganya dan bertangung jawab atas yang dipimpinnya.”

Menyepelekan pendidikan anak-anak tidak dibenarkan dalam agama, sebaliknya orangtua harus menta’dib (memberikan pelajaran dan sanksi) anak-anak sesuai kondisi dan kesalahan mereka. Karena itu Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perintahkan anak-anak kalian untuk sholat saat berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka untuk sholat saat berusia sepuluh tahun.”

Perlu diketahui, amanah yang dipikulkan akan dipertanggungjawabkan di hari akhirat. Maka hendaknya dia mempersiapkan jawaban yang tepat (yaitu dengan melaksanakannya dengan baik) agar bebas dari tanggung jawab. Dan ia akan menuai apa yang dia kerjakan, kalau baik hasilnya baik, tetapi jika buruk amalannya maka yang ia dapati juga buruk. Bisa jadi adzab akan menimpanya di dunia ini, dengan kehadiran anak-anak yang berbuat jahat kepadanya, durhaka dan tidak memberikan hak yang harus dilakukan seorang anak kepada orangtua (misal menghormatinya).

Syaikh Ibnu Utsaimin (Fatawa Islamiyah: 1/367)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s