Al Muhaimin – Maha Mengawasi


Assalamu’alaykum.

Alhamdulillah, kita dipertemukan kembali oleh Alloh سبحانه وتعالى untuk mempelajari nama-nama Alloh yang bagus. Nah, sekarang kita akan mempelajari salah satu nama Alloh yang begitu indah, yaitu, al-Muhaimin, artinya Maha Mengawasi atau Sebagai Saksi.

Alloh سبحانه وتعالى  mengetahui apa yang kita lakukan dan apa yang adadalam hati kita. Alloh سبحانه وتعالى selalu mengawasi gerak-gerik kita di mana saja kita berada. Kalau kita sedang sholat, mengaji, belajar atau sedang melakukan apa pun Alloh akan selalu emngawasi kita. Jadi, kita harus lebih rajin beribadah karena Alloh سبحانه وتعالى selalu mengawasi kita dan Dia سبحانه وتعالى kelak pada hari kiamat akan menjadi saksi atas apa yang kita lakukan di dunia.

Nah, karena Alloh sebagai saksi maka pahala kita tidak akan dikurangi oleh Alloh سبحانه وتعالى. Tahukah kalian, pada hari kiamat kelak ada seorang muslim yang ditanya oleh Alloh, “Kamu pernah berbuat dosa ini dan itu”. Maka orang itu tidak mungkin bisa berbohong karena tangan, kaki dan semua anggota badang manusia akan bisa berbicara sedangkan mulutnya akan dikunci sehingga ia tidak bisa berbohong. Jika tangannya pernah memukul teman atau adiknya maka nanti tangannya akan berbicara di hadapan Alloh bahwa ia pernah memukul teman atau adiknya, subhanalloh.

Makanya mulai sekarang kita harus jadi anak yang shalih, sopan terhadap teman-teman dan berbakti kepada orang tua. Ingat, Alloh selalu mengawasi dan memperhatikan kita. Sekian dulu, ya. Baarokallohu fiikum.

Catatan untuk orang tua dan pendidik:

  1. Tuntunlah anak untuk selalu menghafal nama-nama Alloh secara bertahap, dan jangan lupa untuk selalu mengulang hafalan.
  2. Tanamkan kepada anak agar selalu mawas diri karena Alloh سبحانه وتعالى selalu mengawasi semua gerak-geriknya, yang mana pada hari kiamat kelak, Alloh سبحانه وتعالى akan menjadi saksi atas apa yang telah mereka lakukan.
  3. Tancapkan keyakinan kepada anak bahwa mereka nanti akan bertemu dan berbicara dengan Alloh untuk mempertanggungjawabkan amalannya di dunia.
  4. Berikan motivasi kepada anak untuk menjadi anak yang shalih dengan menggambarkan keindahan surga dan indahnya melihat wajah Alloh سبحانه وتعالى.
  5. Berikanlah hadiah kepada anak yang rajin menghafal Asmaul Husna. Baarokallohu fiikum.

Diketik ulang dengan beberapa penyesuaian dari Majalah Al Mawaddah Edisi ke-4 Tahun ke-2 Qzulqo’dah 1429 H – November 2008 Rubrik Tarjim subrubrik asmaul husna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s