Mainan ahmad


Rasanya 2 bulan ini terasa begitu lama… saat ahmad selalu menguntit ke mana saja ummi pergi, dan ummi harus selalu berada di sampingnya menemani bermain, dan segala aktivitasnya. “Sudah dibilangin, kalo sudah besar harus belajar main sendiri, ngapa-ngapain sendiri…jangan selalu merengek nangis minta sama ummi”.  Tapi namanya anak-anak, masih saja suka lupa.  Ahmad sudah berusia 2 tahun 5 bulan, tapi masih aja rewelnya nomor satu. Padahal dari dulu ahmad anak periang,  ga suka nangis.  Sejak trauma ditinggal ummi bersalin,  sampai sekarang jadi suka nangis kalo ditinggal umminya.  Sampai mau mandi,  sholat,  pengen masak,  dll… suuuusah banget…😦.  Harus pinter-pinter bikin mainan sekaligus buat belajar nih…

Buka-buka di beberapa blog homeschool, ummi nyobain bikin playdough, ada yang dimasak, dan tanpa dimasak. Tapi hasilnya masih bagus yang dimasak…
Nih, resepnya:
1 cangkir terigu
2 sdt krim tar-tar
½ cangkir garam
2 sdm minyak
pewarna makanan
Semua bahan dicampur sampai rata, kemudian dimasak dengan api kecil sebentar aja, sampai kalis dan menggumpal, kemudian angkat. Jangan lupa aduk terus selama masak. Selagi hangat, bagi adonan menjadi beberapa bagian, dan beri macam-macam warna (lebih aman dengan pewarna makanan). Playdough pun bisa dibuat bermacam-macam bentuk, bisa dengan tangan ataupun dicetak.
Selain playdough, mainan favorit ahmad adalah “memasak”. Maklum, dari bayi selalu “disambi” masak sama umminya. Tapi kali ini ahmad lebih suka membuat air warna-warni yang dimasukan dalam mangkok-mangkok kecil, tentu saja pake mangkok plastik biar nggak pecah, pake bekas wadah es krim juga boleh… Jangan lupa kasih mangkok atau wadah yang kosong dan beberapa sendok plastik. Kasih warna merah, kuning, hijau. Dengan sendirinya, ahmad akan mencampur-campur warna, kemudian dimasak, apa aja bisa jadi kompor dalam khayalannya. Jadilah dia penjual, kadang air warna-warninya jadi es, jus, dll sesuka dia… Umminya yang jadi pembeli… Di sela-sela anak main, dia bisa sambil belajar menghitung dengan menghitung mangkok-mangkok yang ada, atau mengenalkan warna, merah, kuning, hijau. Merah campur kuning jadi oranye, dll. Sekarang ahmad sudah bisa berhitung dari 1-10, kadang lebih. Sudah tahu warna merah, kuning, hijau, hitam, oranye, ungu, putih, biru… Lumayan kan????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s