Tak ada kata terlambat …


Mungkin telat kali ya… kenapa baru bikin blog sekarang. Padahal Ahmad sudah berumur 2 th 3 bln. Ah, tapi gak ada kata terlambat… Meskipun baru sempat mencatat perkembangan Ahmad sekarang, tapi masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki semuanya. Awalnya, semua karena dukungan sang suami. Abis, ummi bleng soal internet, jadi rada agak males. Tapi lama-lama malu juga, suami progammer tapi istrinya gak bisa komputer, cuma pas-pasan. Tambah malu lagi sama Ahmad, baru 2 tahun udah ngalahin ‘mbah kakung sama mbah utinya’ soal komputer, apalagi nanti kalo udah gede… kashian nanti anaknya yang jadi malu gara-gara umminya.

Tapi perlu diinget ya nak… kalo udah bisa komputer, belajar yang bener… mau jadi progammer atau peneliti kayak abi juga boleh, ‘meneliti hadits’… belajar juga yang lain-lain, manfaatkan untuk belajar ilmu din, jadi anak sholeh, jadi kebanggaan abi sama ummi. Amin… (Suatu saat kalo Ahmad udah bisa baca, ahmad bakal baca pesen ummi ini).

Ngomong-ngomong soal homeschool, belum pernah terpikir sebelumnya saat belum menikah. Bersyukurnya, ummi memang penggemar anak-anak dari dulu… Tapi begitu menikah dan langsung punya anak, terus lihat pengalaman adik-adik di rumah yang notabene sekolah di sekolah formal, lihat anak-anak orang… malah lebih gak terpikir lagi untuk nyekolahin anak ‘di luar’. Karena begitu berharganya seorang anak, begitu sayangnya ummi abi sama Ahmad…

Wah, sekarang ummi bener-bener jadi guru. Gak usah minder meskipun gak lulus kuliah. Ada yang heran n pesimis kali ya… Meskipun gak sempat jadi sarjana, lumayan lah 5 th sempat mengenyam pendidikan di UGM, bisa jadi sedikit bekal. Tapi justru yang paling penting bukan masalah karena kuliah di perguruan tinggi itu jadi bekal mendidik yang utama (coba lihat ummahatul mu’minin dan para shohabiyyah, mana mereka kuliah seperti kita, tapi hasil ‘madrasah’ mereka hasilnya luar biasa, bahkan sampai detik ini belum ada yang menyamai keberhasilan mereka), tapi yang luar biasa karena sempatnya ummi di Jogja, ummi jadi tahu ‘apa hal terpenting’ di dunia ini yang harus ummi abi lakukan selama hidup, apa yang harus ummi abi lakukan untuk anak-anak dan keluarga, apa yang harusnya dicapai oleh anak-anak, lebih pas lagi ‘apa yang dituju selama hidup di dunia ini’… Semua dalam rangka ‘penghambaan’ hanya kepada Alloh, dan bagaimana mengantarkan anak-anak dan keluarga menuju surga, amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s