Nabi Ibrohim Menghancurkan Berhala


Mu’jizat Nabi Ibrohim

Jika ahmad sedang menyukai sesuatu, pasti dia akan mengulang-ulang apa yang disukainya itu. Contohnya, waktu baru dibelikan sepeda, seharian ahmad main sepeda, naik keliling-keliling di dalam rumah sampai-sampai gak tidur siang. Begitu juga jika ummi menceritakan sesuatu. Selama beberapa malam, ummi harus membacakan buku kisah Nabi Ibrohim menghancurkan berhala… (pokoknya umminya dilarang bosan). Bahasa ceritanya pun harus menarik dan jangan terlalu kaku sesuai EYD.

Baca lebih lanjut

Iklan

Pelajaran Aqidah


Pelajaran aqidah untuk Ahmad
(1)

1. Siapa Tuhan-mu?

Tuhanku adalah Alloh
Alloh yang menciptakan alam semesta beserta isinya
Alloh yang menciptakan bumi, langit, bulan, bintang, dan matahari
Alloh yang menciptakan gunung, lautan, dan padang pasir
Alloh yang menciptakan awan, hujan, dan petir
Alloh yang menciptakan pohon-pohonan, dan juga buah-buahan
Alloh yang menciptakan panas dan dingin, siang dan malam
Alloh yang menciptakan binatang, juga manusia,
yang menciptakan aku, ummi, dan abi…

Alloh berfirman yang artinya: “Segala puji bagi Alloh Robb (tuhan) semesta alam”.
(Surat Al Fatihah: 2)

Baca lebih lanjut

Takbiran…


Belum Hari Raya Kok “takbir…”

Awalnya karena abi download “baniin wa banaat” yang ummi dapat dari milis, situs kiriman Ibu Khoulah. Isinya beberapa tentang “yaum ‘idil fithr”, ceritanya pagi-pagi hari raya tiba terdengar seruan takbir. Sama ahmad disetel berulang-ulang, sambil ikut takbiran, yang bikin ketawa karena ahmad belum bisa meniru lafadznya dengan bener tapi pede banget (namanya nak-anak…). Kadang udah gak nonton juga masih takbiran. Lucu ya anak-anak… Tapi ummi sama abinya seneng, daripada dengerin anak-anak nyanyi, mending banget takbiran. Anak-anak jaman sekarang nyanyinya peter pan, dll, wal iyyaa dzubillah. Bibi (khodimah) juga ikut seneng dengerin ahmad takbiran, jadi terharu… Kayak lebaran aja…

Menghapal Surat Pendek


Belajar menghapal surat-pendek sama halnya dengan belajar menghapal doa. Susah-susah gampang, gampang-gampang susah… Ummi kan udah pernah ngalamin waktu bayi, anak kecil, ABG, dan sekarang jadi orang tua. Yang jelas lebih gampang menghapal sewaktu masih kecil. Otaknya masih bersih, pikiran masih fresh, salah ucap gak malu, daya ingat masih tajam. Kalo udah tua belajar ngapalin qur’an, malu sama anak gak hapal-hapal. Hehehe…

Baca lebih lanjut

Berdoa Dulu….


JANGAN LUPA BERDOA…….

Sebagai orang tua sudah suatu kewajiban untuk mengajarkan dan mengingatkan anak-anak agar selalu berdoa setiap hendak melakukan apapun. Bahkan tidak masalah jika ummi dan abinya yang harus mengulang-ulang doa bersama anak agar anak terbiasa dan lancar mengucapkan.

Baca lebih lanjut

Menghapal Syahadatain


Kejutan Buat Ummi

Kalimatnya mudah, tidak terlalu panjang, hanya mungkin untuk anak kecil tidak mudah diucapkan. Apalagi jika si anak masih sulit bicara. Tapi buat ahmad yang pintar bicara, sapertinya ummi terlalu menganggap ‘gampang’ pelajaran ini.

Pikir ummi, ahmad dengan cepat bisa mengucapkan dan menghapalkannya. Eeeeee… salah perkiraan nih. Awal-awal diajari, suusah banget mengucapkannya, belepotan, dan yang paling ‘menyedihkan’, ahmad terkesan ogah-ogahan diajarin.

Baca lebih lanjut