Berdoa Dulu….


JANGAN LUPA BERDOA…….

Sebagai orang tua sudah suatu kewajiban untuk mengajarkan dan mengingatkan anak-anak agar selalu berdoa setiap hendak melakukan apapun. Bahkan tidak masalah jika ummi dan abinya yang harus mengulang-ulang doa bersama anak agar anak terbiasa dan lancar mengucapkan.

Mengajarkan anak berdoa setiap hendak melakukan sesuatu bukan hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang bisa kita sepelekan. Bukan hal mudah, karena kita akan berhadapan dengan anak-anak yang masih kesulitan mengucapkan, menghapalkan, juga kesabaran anak, rasa malas anak, dan kemungkinan “mogok”, apalagi jika doanya panjang… Makanya jadi orangtua yang sabaaaar… (ternyata bersabar itu susah lho). Juga bukan hal yang bisa dianggap sepele,orangtua santai-santai… ah, nanti juga bisa sendiri (kalo udah gede maksudnya…). Wah, kalo “santai-santai asal kelakon”, bisa ketinggalan kereta dong…

Triknya, ajarkan doa-doa yang paling pendek dulu, baru yang agak panjang. Satu doa dulu sampai anak bisa dan merasa nyaman serta senang karena dia berhasil mengucapkan doa, baru ditambah doa-doa lainnya. Jangan lupa ucapkan selamat atas keberhasilannya, barokallohu fiik, bagus anak ummi memang pintar. Anak kecil suka sekali dipuji…

Ahmad juga begitu, pertama-tama sering bikin umminya agak-agak jengkel, “down”… duh, kok anakku ngeyel banget kalo diajarin. Tapi lama-lama mau juga, malah suka nanya-nanya doa yang lain. Lagi disuruh baca doa mau tidur, malah nanya, “kalo ada petir gimana doanya mi?”. Kalo ahmad sudah bisa hapal, dia bilang sendiri: “Ahmad pintaaal…”

Oh iya, buat anak-anak yang agak-agak susah diajar secara “konvensional” macam ahmad, bisa juga cara yang satu ini dicoba. Ahmad kan suka banget suaranya direkam, jadi ummi suruh aja ahmad ngapal doa sambil direkam pake HP. Habis itu, “setel” rekamannya biar ahmad dengarin suaranya sendiri. Sebanyak-banyaknya yang ahmad bisa sampai kehabisan kata-kata atau sampai tidak mau menghapal lagi. Ini juga berlaku untuk menghapal surat-surat pendek.

Daftar doa yang sudah dihapal ahmad:
1. Doa mau tidur
2. Doa bangun tidur
3. Doa mau makan dan minum
4. Doa selesai makan
5. Doa masuk kamar mandi
6. Doa keluar kamar mandi
7. Doa ketika bersin
8. Doa mau keluar rumah
9. Doa mau naik kendaraan
10. Doa ketika ada petir
11. Doa ketika hujan
12. Doa mau belajar
13. Doa untuk kedua orang tua
14. Doa memakai baju
15. Doa melepas baju
(sebagian doa masih harus dibantu mengucapkan bagian awalnya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s