Telpon Dulu Ya Miii……….


Telpon Dulu Ya Miii…

(sambil pencet2 Hp) mi..ii… Susah mi. Ahmad ga bisa pentetna… (maksudnya ahmad ga bisa pencetnya)

Setelah ummi pencet nomor hp mbah uti, ahmad menempel hp ke telinganya (kelihatan cengar-cengir). “kok sibuk?” katanya.

Tak berapa lama kedengaran suara mbah uti.

Mbah Uti: “Ahmad ya…?”

Ahmad: “Salamikuuum… (maksudnya “assalamu’alaikum”, ahmad selalu tergesa2 mengucapkan salam)

Mbah Uti: “Wa’alaikum salaaaam”. (mbah utinya ketawa). “Ahmad yang telpon ya?”

Ahmad: “Iya… mbah uti lagi apa? Sekolah?”

Mbah Uti: “Lagi duduk2… udah nggak sekolah, udah pulang.” (mbah uti memang tiap hari sekolah, karena mbah uti guru SD)

Ahmad: “Udah pulang? Di sekolah ada kipas?” (Ahmad suka sekali dengan kipas angin, dulu ahmad pernah ikut ke sekolah mbah uti dan melihat kipas angin di ruang guru)

Mbah Uti: “Iya…udah pulang. Ya, ada kipasnya.”

Ahmad: “Udah ya, gantian sama ummi…” (lho… kok cuma gitu telponnya)

(tapi umminya ga mau, kata ummi: “ahmad dulu atuh yang ngomong, katanya mau telpon, kok ga ngomong sama mbah kakung?”)

(Mbah utinya nungguin ahmad ngomong lagi).

Ahmad: “Mbah, mbah kakungna mana?”

Mbah Uti: “Ooo, mbah kakungnya belum pulang, masih di kantor”

Ahmad: “Kenapa masih di kantor?”

Mbah Uti: “Ya… karena belum pulang, masih kerja…”

Ahmad: “Kenapa nggak pulang?”

Mbah Uti: “Ya… karena belum selese kerjanya, masih di jalan mungkin.”

Ahmad: “Ko..ko.. kok masih di jalan?”

(sepertinya kedengaran suara motor mbah kakung)

Mbah Uti: “Ooo…ini… mbah kakungnya dah nyampe. Ni mbah, ahmad mau ngomong sama mbah kakung.”

Ahmad: “Halo, mbah…”

Mbah kakung: “Ya, halo… ahmad ya?

Ahmad: “Mbah kakung di mana?”

Mbah kakung: (sambil ketawa) “Di rumah…”

Ahmad: “Mbah kakungna lagi apa?”

Mbah kakung: (ketawa lagi) “Mbah kakung baru sampe rumah”

Ahmad: “Om sigitna mana?

Mbah kakung: “Oo, mau ngomong sama om sigit? Ni mbah uti, cari om sigit…”. (lho, kok cuma segitu lagi)

(kedengaran mbah uti panggil2 om sigit/adiknya ummi)

Om sigit: “Ya halo, ini muhammad ya?” (omnya biasa panggilnya “muhammad” bukan “ahmad”)

Ahmad: “Iya oom, bukan muhammad… ahmade (dibuat qolqolah)”

Om sigit: “O iya ahmad… ada apa ni?”

Ahmad: “Om di mana?” (pertanyaan yang sama dengan mbah uti dan mbah kakungnya)

Om sigit: “lagi di rumah”

Ahmad: “Kok ga kelja?” (ahmad pernah dikasih tau mbah utinya kalau om sigit lagi cari kerja, maklum pengangguran)

Om sigit: “Iya nih, belum dapat kerja…”

Ahmad: “Om sigit lagi apa?”

Om sigit: (hehehe…cekikikan) “ya lagi telpon sama ahmad. Ahmad udah makan?” (kalo telpon omnya selalu nanyain ini, “ahmad udah makan?”)

Ahmad: “Udah… haabis.”

Om sigit: “Pake apa?” (ini juga selalu ditanyakan omnya tiap kali telpon, emang gak kreatif nih omnya, tanyanya itu2 aja)

Ahmad: “Pake ikan… (padahal nggak pake ikan). Pake tawhu (tahu maksudnya).”

Om sigit: “Banyak ga?”

Ahmad: “Banak.” (banyak maksudnya, tiap kata berakhiran “nya” ahmad selalu mengucapkan dengan “na”). Om, udah dulu ya… salamikuum…” (lho…lho…lho…)

Om sigit: (terbengong2 dan terkekeh2) “Oh ya, wa’alaikum salam…”

Kelihatannya pembicaraannya panjang, tapi sebenarnya sebentar dan singkat2. Karena pertanyaan ahmad selalu sama. “Lagi di mana dan lagi apa?. Dan pembicaraan2 di telpon semacam ini selalu berulang ketika ahmad menelpon lagi mbah uti, mbah kakung, dan omnya (sampai mbah dan omnya udah hapal apa yang mau ditanyakan ahmad). Umminya juga cekikikan menahan tawa. Dasar anak kueecil, telponnya ya gitu2 aja. Tapi gitu2 ahmad dah bisa telpon mbah2nya dan omnya. Umminya harus bersyukur… mbah dan omnya juga jadi terhibur….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s