Tidur sendiri


Kemarin siang ahmad merasa sangat bersalah sekali sama ummi, karena dia main spidol permanen yang ummi larang, dia coret2 di white board, dan juga di tubuhnya. Syukur cepat ketahuan, jadi baru bagian tangan yang jadi korban. Akhirnya ahmad gak berani dekat2 ummi, padahal dia sudah minta maaf. “Mi, maaf ya, ummi udah sayang sama ahmad?”, katanya polos dengan wajah penuh rasa bersalah.

Akhirnya dia menyendiri, makan keripik di depan komputer. Tadinya terdengar suara “kres…kres…kress… suara kripik lagi dimakan”. Tapi kok lama2 gak ada suara. Curiga juga, jangan2 ahmad buat ulah yang lain atau keluar rumah. Begitu dilihat, eeeee….ternyata anaknya dah tidur, dengan mulut celemotan, tangan juga celemotan, dan tangan yang lain masih pegang bungkus keripik. Hi…anak ummi ketiduran. Dia kecapekan rupanya, saking ngantuknya tidur di lantai pun pulas, sampai dipindah ke kasur pun gak bangun.

Rupanya anak ummi sudah gede… itu ahmad sendiri yang bilang. Sudah beberapa kali ahmad bisa tertidur sendiri (tidur siang), kadang minta tidur sendiri tanpa ditemani, kadang juga karena ketiduran saking capeknya main seperti kejadian di atas. Siang ini juga, habis makan kolak ubi kesukaannya, minum susu, makan emping oleh2 dari mbah utinya, n gosok gigi, ahmad masuk kamar. Panggil ummi suruh pijitin kaki n tangan (katanya capek, minta dipijitin), pake selimut (padahal biasanya selimutnya dibuang), umminya disuruh keluar. 5 menit ummi tengok ke kamar, eeee sudah tidur…. sampai lupa belum berdoa.

Fiqih Anak -Thoharoh-



Pelajaran fiqih untuk anak (Thoharoh)
1. AIR
Alloh menciptakan air untuk semua makhlukNya. Semua air yang turun dari langit dan yang keluar dari bumi suci dan mensucikan. Kita bisa mandi, membersihkan badan, membersihkan najis, dan berwudhu dengan air tersebut. 
Alloh berfirman:
وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مآءً طَهُوْرًا
Dan Kami menurunkan dari langit air yang suci” (Al Furqon:48)
Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wa salam juga bersabda:
هُوَ الطَّهُوْرُ مَاءُهُ الحِلُّ مَيْتَتُهُ
Ia (laut itu) suci airnya halal bangkainya”
إِنَّ الْمَاءَ طَهُوْرُ لاَ يُنَجِّسُهُ شَيْءُ
Sesungguhnya air itu suci, tidak bisa dinajiskan oleh sesuatupun”  Baca lebih lanjut 

Jika turun hujan…


 

Doa ketika turun hujan dan mendengar petir

Jika tiba2 turun hujan, ahmad siap2 merapat ke umminya. Awalnya takut mendengar suara hujan, petir, dan melihat kilat (meskipun sampai sekarang jika suara petir keras juga masih lari mendekap umminya). Tapi sekarang ahmad sudah lebih berani. Karena apa? Karena ahmad berdoa…

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Ya Alloh, turunkanlah hujan yang bermanfaat” (shohih, riwayat Bukhori)

Dan ketika ada petir:

سُبْحَان الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلاَءِكَةُ مِنْ حِيْفَتِهِ

Maha Suci Alloh yang halilintar/petir bertasbih dengan memujinya, begitu juga para malaikat karena takut kepadaNya” (Riwayat Bukhori dalam Adabul Mufrod)

Arkaanul Iman


 

RUKUN IMAN


Rukun iman ada 6, yaitu:

1. Iman kepada Alloh

– Beriman kepada wujud Alloh, bahwa Alloh itu ada. Seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta ini tidak begitu saja ada dengan sendirinya, pasti ada yang menciptakannya, yaitu Alloh

– Beriman kepada Rububiyah Alloh, Alloh sebagai pencipta, pemilik, pengatur segala sesuatu

– Beriman kepada Uluhiyah Alloh, hanya Alloh sajalah yang berhak diibadahi

– Beriman kepada Asma’ dan Sifat Alloh yang mulia, Alloh memiliki nama-nama dan sifat-sifat yang sempurna dan baik, antara lain:

> Al Kholiq (Maha Pencipta)

> As Sami’ (Maha Mendengar)

> Al ‘Alim (Maha Mengetahui)

> Ar Roziq (Maha Pemberi Rizki)

> Al Ghoniy (Maha Kaya)

> Ar Rohman (Maha Pemurah)

> Ar Rohim (Maha Penyayang)

> Al ‘Aziz (Maha Perkasa)

> Al Hakim (Maha Bijaksana)

Baca lebih lanjut

Minta maaf ya….


Minta maaf ya mi….

Suatu sore, pulang main ahmad nangis tersedu-sedu. Rupanya, masalahnya adalah temannya gak mau diajak minta maaf. Setelah berhasil korek keterangan, ternyata, teman mainnya itu tidak mau dicium untuk minta maaf. Lha ya jelas, wong temannya itu perempuan (sama-sama masih kecil sih…tapi kan bukan mahrom). Jelas aja ahmad malah tambah nangis, sudah gak mau diajak minta maaf, didorong pula karena gak mau dicium.

Kata abi, “ahmad hanya boleh cium pipi ummi, abi, mbah uti sama mbah kakung. Kalo ahmad salah sama temen, minta maafnya salaman aja” Baca lebih lanjut

3 Landasan Aqidah


TIGA LANDASAN AQIDAH


1. Mengenal Tuhan

Tuhan kita adalah Alloh, pencipta langit dan bumi beserta segala isinya

Alloh tidak memiliki anak (tidak melahirkan), dan tidak juga dilahirkan

Alloh yang menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya

Alloh yang mengatur segala urusan makhlukNya

Alloh yang menciptakan jin dan manusia agar menyembah kepadaNya, tidak menyekutukan dengan selainNya


2. Mengenal Agama Islam

Agama kita adalah islam, agama yang paling benar, dan Alloh tidak menerima agama selainnya

Islam adalah agama yang diridhoi Alloh untuk semua manusia

Di dalam islam terdapat rukun-rukun agama, rukun (amal yang terbesar) islam ada 5 yaitu:

Sy       1. Syahadatain

2. Mendirikan sholat

3. Mengeluarkan/ memberikan zakat, yanitu sejumlah harta tertentu yang disodaqohkan oleh seorang muslim sebagai tanda syukur kepada Alloh

4. Berpuasa, yaitu menahan diri tidak makan dan tidak minum sepanjang siang sejak fajar sampai maghrib pada bulan romadhon

5. Haji, yaitu pergi ke Baitulloh (Ka’bah) Masjidil Harom di Makkah Saudi Arabia, dengan melaksanakan ibadah-ibadah tertentu

3. Mengenal Nabi Muhammad

Nabiku adalah Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Abdil Muththolib Al Hasyimi Al Quraisy

Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wasallam adalah nabi terakhir yang diutus Alloh, tidak ada lagi nabi setelah beliau

Alloh mengutus Nabi Muhammad kepada seluruh umat manusia untuk mengajarkan islam

Beliau memerintahkan kepada kita agar melakukan segala bentuk kebaikan dan melarang segala bentuk kejelekan


Pelajaran Aqidah (3)


PELAJARAN AQIDAH (3)

  • Apakah islam itu?

    Jawab: Islam adalah berserah diri pada Alloh dengan mengesakanNya dalam ibadah, tunduk dengan ketaatan, dan berlepas diri dari syirik dan pelaku kesyirikan

  • Ada berapa rukun islam itu? Sebutkan!
    Jawab: Ada 5. Mengucapkan dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat, menunaikan zakat, puasa di bulan romadhon, dan menunaikan haji ke Baitulloh bila mampu

  • Apakah iman itu?

    Jawab: Mempercayai, yang dibuktikan dengan ucapan, meyakini dengan hati, dan mengamalkan dengan anggota badan

  • Apakah iman bisa berkurang dan bertambah? Baca lebih lanjut