Anak 3 th belajar cebok…


Begini lucunya anak kecil belajar cebok…


Mi, ahmad kebelet pipis”. Jawab ummi, “Sok atuh pipis, bisa jongkok di closet kan?”. Begitu masuk kamar mandi dan jongkok pelan2 sambil pegangan tembok (karena licin), ternyata keluar juga pipisnya. “Mi, ahmad yg cebok sendili aja, kan udah gede udah bisa sendili”. Umminya agak tidak percaya (karena sebelumnya belum pernah cebok sendiri), “iya gitu udah bisa? Tapi airnya diambilin ummi ya”. Kata ahmad, “iya miii, bisa, sini gela…”. Trus ummi perhatiin aja dari pintu kamar mandi soalnya takut kepleset… (Bener juga ternyata), “Oo, iya ya, anak ummi sekarang mah udah pinter pipis sendiri, bisa cebok sendiri juga”.

Apa coba ekspresi seorang anak kecil dipuji n diberi kepercayaan melakukan sesuatu yg sangat ingin dicobanya? Senang sekali pastinya… Dengan ekspresi puas, “iih, ahmad dah pintel banget ya mi, nanti kalo pipis lagi cebok sendili ya mi, kan udah gede cebok sendili”. Ummi cuma bisa bilang, “yaaa lah, tp kalo mau pipis ditemenin ummi ya, kamar mandinya kan licin takut kepleset”. Ahmad setuju jg…..

Ternyata, setelah sekali mencoba pipis n cebok sendiri, kegiatan barunya ini tidak berhenti sekali dua tiga kali. Belum ada setengah jam, “mii, kebelet pipis lagi”. “ya, sok pipis”. Umminya ngambil air segayung, dia yang cebok. Begitu seterusnya, kok aneh kebelet pipiiiis terus… Tidur siang sebentar, tiba2 bangun dan langsung minta pipis. Bahkan ditinggal sholat ashar, lepas celana sendiri dan pipis ke kamar mandi. Kalo dihitung, mungkin bisa 10 kali masuk keluar kamar mandi… dlm waktu belum sampai setengah hari, sebentar2 pipis, sampai2 umminya agak dongkol juga dibuatnya (dalam hati, ini anak sengaja dibuat2 apa memang benar2 kebelet pipis ), alasannya sih kebelet (padahal cuma mau cebok sendiri pake gayung kali ya?🙂

Duuuh, begini ya kalo anak lagi pengen belajar sesuatu…. ternyata buat ahmad masuk keluar kamar mandi berkali2 untuk pipis dan cebok sendiri adalah hal baru yang sangat menyenangkan. Dan ahmad bilang, nanti kalo abi pulang kantor mau tunjukkin ke abi kalo dia sudah bisa cebok sendiri…


***  Anak2 selalu belajar, sadar atau tanpa dia sadari. Anak2 juga akan percaya diri bahwa dia mampu jika kita beri kesempatan dan kepercayaan. Hasilnya, anak2 akan lebih percaya diri, mandiri, dan akan selalu mencoba hal baru lainnya, dan tentu saja mambuat bangga orangtuanya…. dan kita akan selalu menunggu kejutan2 baru yang dilakukannya.

(bersambung…)

2 thoughts on “Anak 3 th belajar cebok…

  1. wa’alaikumsalam. baik… baik… baru 1 mbak. mba eti jauh2 kok nyasar kesini, hehe.
    dah plg mba? mampir ke bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s