Mulai “bersekolah” bersama


Akhirnya…. setelah sekian lama mencari “teman” belajar, kami bertemu dengan beberapa ummahat yang tertarik untuk mencoba bersekolah di rumah. Tak banyak, ada 4 ummahat yang siap memulai petualangan bersama (bahkan seorang ummahat, anaknya masih terlalu kecil, bayi 3,5 bln). Ahmad (3 th) dapat teman baru, Fathi (2 th), Ubaid (hampir 4 th), Ubaidah (adiknya Ubaid, 2 th), dan Sabil (2 th)…. Mereka juga tertarik dg buku2 yang ummi bawa, pada pesan lagi…. Rembug2, diskusi, sharing, meskipun belum sepenuhnya ada persamaan persepsi, dapat juga hasilnya….. Membuat kurikulum bersama, mengadakan pertemuan 1 pekan sekali untuk sharing, review, dan “berkarya” bersama, tempatnya bergiliran (sambil ziaroh gitu…).

Kurikulum bersama sedang disusun. Sementara menunggu kurikulum jadi, ahmad “disangoni” Ummu Ubaid (istrinya Ustadz Yusuf) oleh2 mempelajari beberapa materi untuk 1 pekan ini:

  • Aqidah : menghapal lafadz “laa ilaaha illalloh” dan syahadat
  • Alqur’an : menghapal al fatihah
  • Doa : menghapal doa bangun tidur
  • Doa dari Qur’an : Robbibni lii ‘indaka baitan fil jannah
  • Mufrodat : tempat tidur, bantal, selimut, dan seprei
  • Hadits : innalloha jamiilun wayuhibbul jamaal
  • Fiqih : belajar wudhu
  • Mengenal huruf hijaiyah

Wah, kok banyak banget umm? Padahal ahmad punya pekerjaan rutin membaca Iqro’ dan membaca kisah. Dicoba dulu, semoga ahmad bisa menyelesaikan tugas pertama ini dengan baik….

2 thoughts on “Mulai “bersekolah” bersama

  1. Assalamu’alaikum…Blognya manis,semanis isinya. Boleh tuh sekolah bersama di rumah… Jadi dpt masukan materi untuk si kakak. alhamdulillah.Syukron. AKH gimana dengan alat peraga?

  2. wa’alaikumussalam. boleh2…. biar rame, ahmad paling suka ada temennya, mau punya adek ga jadi2 soalnya. hehe…

    alat peraga bisa pake apa aja yang ada di rumah mbakyu.
    Buku2, puzle huruf jijaiyah, latin, angka, lego, gabus, kardus bekas, mainan, kertas HVS n origami beserta gunting lem sekomplitnya,
    krayon, playdough (ini buat sendiri aja biar aman), pewarna makanan (kalo ahmad buat main jualan),
    pasir ember kecil n sendoknya (tp sekarang dah buat eek kucing, kasian banget padahal ahmad suka banget),
    komputer beserta CD n software edukatif, ahmad juga punya lup, teropong n kompas kak hatim….
    sampe ke peralatan dapur (ahmad dah ngrusakin 1 timbangan kue).

    klo mau sekolah di rumah, ada tuh temannya, abbas n yasmin di monjali. kenalan aja….
    monggo mampir ke blognya: http://tarbiyatulabna.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s