Belajar tentang asma wa sifat


Saya pernah cerita ke ahmad, “Allah punya mata dan tangan lho…., percaya?”. Seandainya saya tidak bilang seperti ini mungkin dia tidak akan tertarik dengan bahasan asma wa sifat Allah.

Percaya deh, dia langsung penasaran. Ummi memang tahu, dia selalu siap sedia mendengar cerita umminya (ge-er pisan). Tahu kan, dia maniak dengan cerita, kisah. Bahkan ummi pernah cerita tentang pemukiman kumuh di jakarta dan orang-orang yang tak punya rumah, eee… dia minta cerita itu diulang-ulang terus selama beberapa hari (sampai umminya bosan).

ahmad: “Allah punya mata kayak ahmad?”

saya: ” iya, punya ahmad. matanya 2 juga”

ahmad: “kaya ahmad juga ya ternyata…. (sambil berbinar-binar….. sepertinya dia senang banget, dia memang selalu excited, bayangkan saja ekspresinya)”

saya: “iya 2, tapi matanya beda ga kayak punya ahhmad gitu”

ahmad: “tapi bisa lihat kan?”

saya: “ya iya, lah… pasti bisa. Allah kan maha melihat. Semua bisa dilihat, dari yang paling besar sampai yang paling kueciiil…… yang di atas gunung, yang di atas langit, yang ada di dalam bumi, yang ada di dasar laut, yang sedang ngumpet juga… (sambil ketawa bareng)”

ahmad: “kalo ahmad ga bisa lihat kayak Allah. matanya kayak apa sih (masih penasaran dia)”

saya: “pokoknya beda deh, ga bisa disama-samain kayak punya kita. kita ga boleh bayangin kayak apa matanya, bentuknya gimana, karena Allah pasti beda dengan kita”

masih puyeng dia bayanginnya, umminya sih… maksa dia ngerti hal seberat ini, hehehe…. :>

saya: “Allah juga punya2 tangan lho…”

ahmad: “punya tangan juga kayak ahmad?”

saya: “ya ga sama kayak punya ahmad gitu, beda lah…. tangannya 2-2nya kanan”

ahmad: “kok kanan semua?”

saya : “emang gitu. Allah ga punya tangan kiri. tapi jangan dibayangin lho ya…”

ahmad: “bisa pegang ‘gini’…?”

saya: “wes, susah nih jawabnya kalo nanyanya model gini…..”

Kubiarkan dia penasaran. Dia harus tahu, bahwa ada hal-hal yang tak bisa “dimengerti” dengan indra, yang tak bisa kita tahu kecuali hanya sebatas apa yang Allah dan Nabi khabarkan kepada kita. Suatu hari nanti, ada saatnya kamu memahami maksud cerita ummi, ketika kamu belajar lebih dalam tentang aqidah ini…..

2 thoughts on “Belajar tentang asma wa sifat

  1. Assalämualaykum. Afw um, blh minta tolng disertakan dalil tntg Alloh mempunyai mata? Kl Alloh mempunyai tangan dst yg ant tulis alhamduliLLAH ana sdh pernh dpt dalilny, maklum lg butuh banyaaak bljr lg. Jazakillah khoir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s