Virus San san


Selain pernah terkena penyakit kawasaki, ahmad juga pernah terinfeksi virus yang tak kalah berbahaya:

  1. virus adit
  2. virus harun
  3. virus san san (ini virus yang menjangkiti ahmad beberapa minggu ini)

Ketiga infeksi virus ini gejalanya serupa:

  • ga betah di rumah
  • maunya main terus
  • malas belajar di rumah
  • mogok sekolah
  • gampang marah kalo dilarang
  • makin tambah ngeyel

Akibat parah dari serangan virus san san ini:

  • kehilangan selera belajar dan menghapal baik di rumah maupun di sekolah
  • setiap hari “berdebat” dengan umminya
  • susah mengikuti aturan

Nah, masalahnya san san ini tiap hari nyamper, ga peduli pagi, siang, sore…. Sudah gitu tadinya sendiri, lama-lama bawa teman, 1, 2, 3, 4, dst…. Ho ho…. masa mau diusir? Kalau ga disamper, gantian deh ahmad yang nyamper. Kalau dibilangin jangan nyamper ya, dengan alasan bla..bla…bla… sebenarnya ahmad ngerti. Tapi tetap saja dia nungguin disamper si san san itu, iiihhhh….. Jadi pusing juga, mau ga boleh main keluar sama teman-teman, kok tega amat ya? Tapi kalau sudah boleh main, banyak banget godaannya. Ini baru anak satu lho bu….. (kalau anak banyak malah ga main-main keluar kali yah? soalnya sudah banyak “teman” di dalam rumah)

Dulu, saya pernah menghadapi kasus serupa, lebih parah…. 7-11 anak tiap hari nyamper ke rumah, ga peduli waktu (dari anak balita sampai anak SD, dari anak laki-laki sampai perempuan, heran saya… ahmad ngapain sih sampai teman-temannya lengket amat!!). Mana mungkin saya marah-marah ke ibu-ibu mereka toh? Duuh, ahmad mana tahan…. dia kan suka ke ge-eran kalo dicari teman-teman, serasa jadi orang penting dan dibutuhkan teman-temannya. Lama-lama menjadi “persahabatan” yang tidak sehat. Dan susahnya lagi, waktu mereka dibilangin/dinasihatin jawabnya “ho oh”, tapi nanti diulangi lagi, gitu terus… gitu terus…. Lieur deh…. Kecik-kecik dah punya “geng”.

Dengan terpaksa ahmad harus dipingit, dan aturan yang berlaku lebih dipertegas. Kalau nasihat, wehhh… sudah ga kurang-kurang, tiap hari ada saja ceramah. Kasian pisan ahmadnya denger umminya “ngomel-ngomel” nyeramahin tiap hari. Benar-benar butuh waktu dan kesabaran. Saya memang harus banyak belajar bersabar, tak mudah ternyata….

Meskipun sudah diupayakan memberi “asupan” yang baik pada si anak, tetap saja “ketahanan” anak tak selamanya prima. Adakalanya bisa down, dan saat-saat seperti inilah, serangan virus berbahaya bisa masuk. Untuk para orangtua, waspadalah…. waspadalah…. !!!

NB:

> Adit : teman ahmad di dago

> Harun : teman ahmad di cempaka arum

> San san : teman ahmad yang lagi lengket banget, kayak perangko, kayak soulmate gitu…. :< (kok bisa ya)

Suatu hari, bangun tidur ahmad cerita:

“Mi, tadi malam ahmad mimpi loh… pas mau sekolah tiba-tiba ada san san, ga jadi berangkat deh…”

# gedubrak…… (maksud lo?) #

9 thoughts on “Virus San san

  1. mba zulfaa… mba bener2 nggak inget sama ana mba?? ^^ kita kan dulu sering ketemuan di RI mba, malah pernah beberapa kali nginep bareng, ana sama muti & nina, mba di kamarnya mba fa. mba kan juga pernah jadi mudaritsah ana waktu BADAR. trus juga pernah belajar mulakhos di sakinah*kalo nggak salah inget, sama anik & mba ita*, habis itu kan belajarnya bareng mba fenti.
    ya udah deh, kalo nggak inget *katanya ana mirip nina –> nek nggak inget juga ya udah, nyerah deh! hehe..*

  2. hehe…. aku nyerah juga, belum ingat ~_~
    aku juga dah rada2 lupa “wajah2” adik2 RI n the geng (meskipun tentu masih ingat sebagian nama2nya).
    ni buktinya: fafa, mutia, nina, ummi (tmn sekamarnya aku lupa he ^^), galuh, anik, ah yang di kamar tengah juga lupa ^^, fera, dewi, siska, (dll hehe malah jadi absen)
    dewi sekarang di bumiayu ya? kapan2 lah sama lifa main ke sini….
    kita reunian lagi, pasti aku jadi ingat.
    salam deh dari ahmad n umminya buat gendhuk-mu

  3. hehe.. nggih sampun menawi mboten kemutan ^^
    iya, tinggal di bumiayu bareng mba lifa juga. yg kamar tengah itu eka & eidda mba..
    insyaalloh mba, semoga someday bisa ketemu mba & ahmad.

  4. tapi sama aku(desti) gak lupa kan…gimana kabarnya nih. alhamdulillah anakku gak kena virus, cuma dulu juga anak tetangga yang orang yordan juga hampir tiap hari main kerumah ketok2 pintu, kemudian kemudian lama2 anak2 jadi gak bisa belajar dan hapalan ahirnya pintunya gak boleh ada yang bukain, walaupun tu anak tetangga teriak2 di depan pintu. sampai2 ibunya keluar ngambil anaknya…hik..hik tega amat ya.

  5. wooo mba desti…. ga lupa kok mba
    alhamdulillah khoir ‘ala kulli hal
    tega memang kadang2 diperlukan je….
    aku sebenarnya pingin nyusul dirimu mba, nanti ganti anakku yang tiap hari ketok2 pintu rumahmu (hahaha)
    tapi kok susah tembus ya ke saudi, nih malah akhirnya terdampar di itb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s