Cerdas Cermat


Aku suka dengan metode bercerita, berkisah, dan semacamnya, dan alhamdulillah anakku juga suka dibacakan cerita, cerita apa saja… apa saja bisa jadi cerita. Cerewet, suka ngobrol, suka orang lain mendengarkan cuap-cuapnya, juga setia mendengarkan cuap-cuap umminya. Mungkin ini faktor paling mendukung kegiatan bercerita dan berkisah selalu berjalan sampai sekarang ini. Dan juga melalui cerita, kisah, aku bisa “memasukkan” apa saja ke alam pikirannya.

Sebenarnya ahmad sudah lumayan bisa baca (bersyukuuur banget, mengingat dulu dia sangat susah diajak latihan baca latin), kadang dia mau baca beberapa paragraf atau satu halaman ensiklopedi, majalah, atau cerita Totto Chan, tapi dia sangat tidak (tepatnya -belum-) telaten membaca. Tetap saja, mendengar cerita lebih menjadi pilihannya (terutama cerita umminya).

Nah… tapi… bisa jadi… anak-anak jenuh mendengar cerita/kisah bukan? Atau acara membaca kisah jadi monoton? Coba deh yang satu ini… Jangan terlalu kaku dalam menggunakan bahasa dalam cerita (tapi penting juga mengenalkan bahasa sesuai EYD), biasanya buku cerita yang kubaca aku “alih bahasakan” sehingga terdengar lebih enak di telinga anak, yang kepanjangan aku potong, yang terlalu pendek aku panjang-panjangin, asal jangan mengubah makna kisah. Kalau ternyata di satu buku terdapat kisah yang oleh penulis dianggap shahih, tapi ternyata kuketahui ada yang lebih rajih berdasarkan sumber lain yang terpercaya, maka aku menggantinya dengan menjelaskan bahwa “yang ini” salah… Variasikan acara bercerita kita dengan kegiatan cerdas cermat. Sebelum bercerita kita pancing dengan beberapa pertanyaan ‘cerdas cermat’, atau setelah membacakan satu tema cerita, kita review dengan beberapa pertanyaan multiple choice, percayalah itu semakin membuat ingatan anak melekat, atau minimal anak ga boring, dan minta di ceritain lagi di lain waktu. Biar seru, pilihan jawaban bisa kita buat yang lucu atau menyenangkan.

Misal, pada tahun apa Nabi Muhammad lahir? a. tahun monyet, b. tahun jerapah, c. tahun gajah… Trus… Kenapa tahun kelahiran Nabi dinamakan tahun gajah? a. karena orang2 makkah suka memelihara gajah, b. karena nabi lahir di atas gajah, c. karena waktu itu makkah diserang tentara gajah…. (intonasi dan ekspresi anda sangat menentukan). Kalo ahmad sih langsung ketawa, “hahahaha, iih ummi aneh deh, masa ada tahun monyet… masa melahirkan di atas gajah, nanti jatuh laah… bla..bla..bla..”, dan minta ditanya lagi dan lagi, aku tahu sih maksudnya aku disuruh bikin pertanyaan-pertanyaan lain yang lucu-lucu. Hehe, anak-anak selera humornya tinggi juga. Ga tahu ya kalo itu anak anda?

Dan setelah trik ini berhasil, ternyata bisa juga dipakai untuk beragam pelajaran, baik diniyah maupun umum, juga beragam suasana. Sampai-sampai bisa juga jadi senjata ampuh ketika anak mogok, ngambek, ngadat, marah, malas, ga mau makan, ga mau mandi, ga mau tidur, ga mau belajar, ga mau hapalan, semua deh…. (tapi kadang juga ga berhasil… yah, namanya juga usaha). Seperti kasus berikut:

Sok, ahmad pilih, mana yang paling baik:

a. rajin main ke luar

b. rajin ngegame di komputer

c. rajin belajar

Waktu itu aku merasa yakin banget ahmad akan memilih jawaban yang mana (ge-er pisan merasa benar2 mengenal ahmad), tapi ternyata.. tak disangka tak diduga ahmad membuat pilihan ke-empat:

d. rajin main di luar dan rajin ngegame dan rajin belajar…

(hehe, ternyata senjata makan tuan!)

Tapi trik ini patut dicoba, pilih-pilih aja suasana yang pas…. semoga senjata tsb tidak berbalik menikam anda!

4 thoughts on “Cerdas Cermat

  1. Subhanallah Ahmad pinter ya mbak… Kalo mogok disuruh hafalan Dzikri jg sering mbak.. Tapi kalo lagi mood eh dia hafalan sendiri… Hedeeehhhh mboke myumet..

  2. Lho sing pinter sopo ki? Anake po mboke? Dzikri berapa tahun tho? Penasaran aku pengen lihat anakke bu ayus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s