Nemu Ide Baru


Suatu waktu ahmad merajuk minta umminya membuat “sesuatu”, aku bilang ke ahmad, “ntar dong, ummi cari ide dulu”. Jawab ahmad, “idenya pergi ke mana sih mi?”. Hadeuuh, ga mudeng poooll ini namanya. Mmm, “idenya ga pergi kemana-mana sih, belum nemu aja”. Ahmad, “ide tu apaan mi, kok dicari-cari, jauh?” Itu bukan pertama kali aku mendapat pertanyaan yang agak ribet menjelaskan definisinya. Seperti menjelaskan kata “terharu”, susah loh ternyata… akhirnya dipraktekkan aja. Nah, dia paham… ga tahu tapi aslinya, paham benar atau ga. Tapi kalau lagi baca iqro salah-salah, trus diulang-ulang sampai semangat banget dan akhirnya sukses, dia langsung tumpah air mata, dan dia bilang “ahmad terharu miii”, sambil nangis kenceng. Habis tu digendong n dipuji-puji. Mungkin suasana hatinya benar-benar membuncah dengan rasa yang sulit terdefinisikan kali ya… Mendefinisikan sesuatu pada anak-anak sebenarnya ga perlu senjelimet menjelaskan pada orang dewasa kali. Definisi dengan contoh seringkali lebih mengena, dan itu banyak aku praktekkan (jurus bela diri ^^). Dan lain-lainnya, ga perlu dibahas semua di sini, lha wong ini cuma intermezo…

Ide sesungguhnya adalah berikut ini:

Latihan menulis

> Kasih contoh beberapa tulisan yang isinya , kalimat “berfaidah”, seperti rukun islam, rukun iman (dan point-pointya), atau satu bait/paragraf cerita pendek (pendek banget), dll

> trus ahmad disuruh mencontoh/menyalin

Keuntungan:

  • latihan menulis
  • memperlancar membaca
  • sambil muroja’ah

Belajar tentang pengetahuan apa saja

> Ditentukan/sesuai request

> Dibuat tematik, ganti-ganti tiap pekan atau beberapa hari, dibuat berseri, seri 1, seri 2, dst

Misal: tema tanaman

  • buatin gambarnya (dari biji-pohon) > gambar tangan + diwarnai, atau print gambar yang sesuai tema. Aku sih lebih suka gambar sendiri, lebih cepat n “idep-idep” menyalurkan bakat
  • kasih nama bagian-bagiannya
  • atau disuruh nulis melengkapi bagian yang ditunjukkan oleh gambar
  • kasih pengetahuan seputar tanaman
  • kasih cerita pendek + umpan balik dengan menjawab pertanyaan

Keuntungan:

  • memperlancar membaca
  • latihan menulis
  • motorik halus
  • nambah pengetahuan

Pengembangan:

  • membuat prakarya tentang tanaman
  • melihat langsung obyek (tanaman)
  • bertanam dan merawatnya

> Tema-tema ditentukan bersama, sambil menggali ide-ide ahmad, diharapkan tema apapun bisa sambil menyelam minum air

Latihan nulis huruf hijaiyah

> masih latihan nulis huruf tunggal

> dikasih contoh tulisan beberapa huruf tunggal yang membentuk satu kalimat (kalimat dalam bahasa arab = kata)

> ga usah banyak-banyak, 4-5 kata saja (ini saja bisa makan waktu setengah jam)

> kali ini nambah mufrodat untuk fi’il (kata kerja), dan disertai artinya juga (dalam bahasa indonesia)

> matsalan:

masuk = د خ ل

keluar = خ ر ج

(disyakl juga ya)

> sedang mulai dicoba nih metode ini, kemarin dah berhasil membujuk ahmad nulis 4 kata (dakhola – khoroja – dzahaba – raja’a), trus dia tulis artinya juga. Trus dari 4 kata itu aku suruh buat kalimat (cerita). Jadinya beginilah ceritanya: Setelah ahmad main masuk ke rumah, terus keluar rumah pergi ke masjid, terus kembali lagi ke rumah (singkat banget ceritanya… weleh-weleh, ini juga mikirnya lumayan lama, whatever lah.. kreatif gini masih saja dikritik. Ckckck… )

Keuntungan:

  • latihan nulis (hijaiyah sekaligus latin)
  • memperlancar baca
  • menambah mufrodat

Sedia buku catatan khusus

  • 1 buku untuk buku pengetahuan
  • 1 buku untuk latihan menulis
  • 1 buku untuk diary ummi > krn nyatat di blog kadang riweuh, ga sempat lah, rebutan komputer lah, network lemot lah, hilang ide lah > nyatat apa saja tentang perkembangan harian atau mingguan, kekurangan, kelebihan, dan ide-ide baru
  • 1 buku untuk diary ahmad: isinya tentang kegiatan ahmad, ditulis dalam bentuk narasi “bermuatan positif”. Intinya isinya semua tentang kebaikan dan kesuksesan ahmad hari itu. Kalau ga telaten ga harus tiap hari nyatatnya. Malamnya suruh baca tuh biar senang hatinya, n termotivasi besoknya melakukan hal yang lebih baik lagi

Ide lagi: beberapa minggu sekali field trip

Bisa:

  • berkunjung ke sodara atau teman
  • jalan-jalan
  • belanja (hehe… dasar ibuk-ibuk)
  • ke toko buku
  • ke perpustakaan
  • ke arena bermain
  • ikut ke LIPI/ITB (ke lab kalo boleh)
  • ke kebon teh lah, taman stroberi lah, taman bunga lah, mana aja lah… ganti-ganti gitu

> namanya juga ide…

Ide bagus juga:

Maunya sih bagi tugas “lebih baik” lagi dengan abi

  • sebelum berangkat kuliah/kantor ngapain dulu kek sama ahmad, pulangnya juga, lebih rutin maksudnya
  • kalau hari libur ngapain juga kek abi sama ahmad, bikin proyek kek, apa kek… proyek cuci motor n sepeda juga boleh, apa aja lah

Lagi mikir, berharap nemu ide yang jitu:

> gimana caranya ahmad tepat waktu tidur siang, cepat tidur malam, dan cepat bangun pagi

2 thoughts on “Nemu Ide Baru

  1. mba, aku lagi nyari ide, gimana caranya biar fathi mau ngomooooong? hehe,, ahmad, kangen deh, besok kita mudik niy.. tapi hari rabu jg dah balik lg, nanti main yaaaa,
    eh, ahmad kalo mau cepet bobo siang nya kesini aja, biasanya kan mau bobo disini?

  2. sok lah dicari idenya, kemana yg ada tuh? hari kamis aja ya kita kesitu, insyaAllah…
    smg ga ada halangan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s