Let’s Swim


Menjadi praktisi homeschooling itu seperti belajar berenang. Kita ga bisa duduk dipinggir kolam sambil terus melahap habis buku, tips&trick, artikel, dan apapun juga mengenai homeschooling. Kita harus terjun ke dalam airnya, belajar sambil jalan gitu.

Kadang yang mengejutkan, ternyata baru nyebur ke air saja, sudah banyak yang menyoraki. Sebagian “menakut-nakuti”, sebagian lain “kagum setengah mati”, lalu memperlakukan atau menganggap bahwa kami –para perenang pemula ini– entah sebagai pahlawan atau ahlinya homeschooling. Tau-tau kami ditanya ini itu dari berenang gaya kupu-kupu sampe bagaimana bertahan didalam air tanpa bernafas selama berjam-jam (lebay!)

Mungkin karena itu, sebagian besar praktisi homeschooling diawal terjunnya memilih untuk “diam-diam”. masuk ke airnya ga kedengeran, cipak-cipaknya juga ga kedengeran. Tau-tau sudah didalam air dan berenang saja. Abis, penontonnya berisik sih! hahaha.

Perlu dicatat, bisa berenang, bukan berarti juga jago berenang, apalagi jadi atlet renang. Tapi, “keahlian” dan “kemampuan” kami ini kadang terasa dianggap “berlebihan”, tau-tau sebagian dari kami ini dilamar sana sini sebagai “guru renang”.

Sebenarnya ini ga salah juga sih.

Sebagian besar para perenang eh salah praktisi homeschooling sesungguhnya senang berbagi. Karena memang, kekuatan dari praktisi homeschooling adalah saling berbagi dan menginspirasi. maka, sebenarnya, “tugas” kami (kalau bisa dibilang “tugas”), bukanlah “mengajari” siapapun “berenang”, tapi memperlihatkan, bahwa, kita semua ini sebenarnya bisa berenang sendiri lho!! kalau memang tertarik ke air, kita semua ada disini untuk saling membantu. mari terjun!! kamu tidak akan bisa berenang kalau hanya duduk dipinggir kolam saja!!

Tapi ingat lho…kami ini bukan guru renang. Kita teman seperjuangan  

copas dari sini

2 thoughts on “Let’s Swim

  1. like this🙂
    betul…practice makes perfect😀

    btw mba…mbo disettingan reader di setting di rss bisa kebaca semua…
    ana sering baca blog ustadz dan temen2 dr rss…kalo kesembunyi mesti di open at browser jee…suka lemott…apalagi buka dr hp…kalo dr reader ringan

  2. ya, nanti dibilangin ke progammernya…
    btw, tulisan ini kena banget ke aku pribadi
    apalagi satu keluarga ini emang benar2 ga bisa berenang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s