Hmmm… Anak-anak Jaman Sekarang


Suatu siang, teman ahmad yang lagi main di rumah minta dibukain gorden (hijab antara ruang tamu dan ruang tengah). Biar bisa lihat jam katanya. Dia pernah jadi teman TK ahmad, dulu sebelum ahmad keluar. Sekarang dia sudah TK B.

Si anak tampak berkali-kali ngecek jam. Aku pun penasaran, kenapa gitu lihatin jam terus? Ternyata, dia takut kebablasan mainnya soalnya jam 3 sore mau les. Anak ini menarik. Usianya ga beda jauh dari ahmad, mungkin selisih sekitar setengah tahun lebih tua dari ahmad. Tapi sudah seabrek les-lesnya. Pagi dia sekolah TK B dari jam 8 sampai dzuhur (jam 12). Sore ikut MDA (semacam TPA, tapi bayar, kayak les tambahan agama), kegiatannya ga beda jauh dari di TK (baca iqro, hapalan, pengetahuan islam, dll). Semacam kegiatan yang overlap. Terus ada juga les matematika, terus les bahasa inggris juga. Belum les yang ga kuketahui. Waduh, capek banget kayaknya…. Mungkin menurut orangtuanya bagus kali untuk mengisi hari-harinya, daripada kelayapan main terus.

Beda banget sama ahmad. Sekolah, ga. Les, boro-boro. Setiap hari paling kegiatannya baca-baca di rumah, ngapal juga ga butuh waktu banyak (ga mau lama-lama maksudnya), main komputer, ngoprek mainan, malam baca al qur’an juga paling berapa menit, sholat juga paling 5 x 5-15 menit. Belajar matematika semaunya, belajar bahasa inggris dari game. Bahasa arab se-moodnya juga, seringnya disambi-sambi. Suka sih ngobrol ngalor ngidul sambil diselip-selipin tausiyah, kisah-kisah, curhat-curhat, dsbnya. Kadang mau juga bantu-bantu ummi, masak, beresin rumah, ikut belanja. Selebihnya main… di rumah maupun di luar bareng teman-temannya. Santai banget ya? Apa gitu sih anak-anak HS? Kayak ga pernah serius belajar…

Aku sebenarnya rada kasihan sama dia (temannya ahmad). Tapi apa dia butuh kukasihani? Kelihatannya dia menikmati, atau mencoba untuk menikmati, atau berjuang untuk menikmati… Bedanya tipis. Semoga itu baik untuknya lah. Banyak anak-anak yang seperti itu. Tandanya, orangtuanya juga sangat mampu dari segi finansial. Les-les gitu bayar kan? Mosok gratis… Pastinya orangtua-orangtua mereka juga melakukan itu dengan harapan pendidikan anaknya menjadi lebih baik. Kalau disensus, mungkin yang “santai-santai” kayak ahmad jumlahnya bisa jadi justru lebih sedikit. Atau bisa jadi yang kayak ahmad ini dianggap sangat aneh. Sekarang aku mulai sering mendapat pertanyaan dari orang-orang tentang sekolah ahmad. Maklum, teman-teman seangkatannya sudah siap-siap mau daftar SD.

Ada tanda-tanda ahmad kepingin kayak temannya, sekolah. Dia sering ditanya tentang sekolah sama temannya, sama tetangga. Tapi itu lebih karena dia belum mengerti kondisi nyata yang bakal dia hadapi nanti jika “masuk sekolah”. Semacam latah. Haha, anak-anak bisa latah juga ternyata….. anak-anak jaman sekarang…

***

Hmmmh, gimana ya biar bisa kayak Imam Ibnul Jauzi….?

2 thoughts on “Hmmm… Anak-anak Jaman Sekarang

  1. Aku sangat khawatir terjebak dalam rutinitas ibu rumah tangga ibukota mba. Pagi mengantar anak sekolah, siang mengantar anak les pelajaran, sore mengantar anak les seni atau olahraga. Oh nooo… Tapi memang budaya ibu rumah tangga di sini begitu mba. Ibu rumah tangga malah aktif seharian nyetir ke sana dan ke sini. Apalagi kalo anaknya dah 3, kayak ga istirahat nyetirnya hehe. Anak2 di kompleks terutama kan ga kenal tetangga karena pagernya tinggi, kayak rumah ahmad hehe. Teman2nya juga dapat dari tempat les. Tapi memang ada anak2 yang berminat menguasai banyak bidang, dan mungkin dia akan enjoy les ini itu. Dan ada juga yang ga cocok mba. Yah sekali lagi balik ke anaknya kali mba…

  2. iya, kembali ke masing-masing. semua itu pilihan kok. anak itu jg sepertinya menikmati.
    terlebih sepertinya fenomena ini memang sudah jamannya kali.
    di sini jg begitu, dah biasa ibu2 jadi sopir anak-anaknya, pagi, siang, sore.
    atau pake jasa mobil antar jemput sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s