Mau cari ummi baru


Ada lagi cerita lucu tapi mengharu biru…

Suatu siang menjelang sore di akhir pekan… aku ngajak ahmad tidur siang. Si ahmad sudah diapit sedemikian rupa oleh ummi dan abi. Katanya iya, mau tidur, tapi kok ga tidur-tidur. Ngeyel banget pokoknya. Sampai aku anyel pol, soalnya itu sudah menjelang ashar. Padahal ashar kan harus ke masjid, kapan tidurnya kalau gitu?

Selain lagi suka menggunakan istilah easy, medium, hard, dia juga lagi suka bikin anyel dengan gaya terbarunya, “nggak atuuuuh” (bacanya sambil dibayangkan intonasi orang lg ngece, persis kayak gitu). So, dia pun mulai iseng, “mi, sok mi kalo ahmad ga mau tidur-tidur diusir aja mi…. nggak atuuuuh” (tak lupa belakangnya ‘nggak atuuh’). Aku balas isengin dia,  “sok…kalau ga mau tidur sana keluar sana….”. Eh, dia ngambek berat, tersinggung. Lari ke kamar lain, dan mengunci pintu. Lhah, katanya tadi suruh ‘ngusir’, piye thoh?

Yang bikin kaget apa coba? Dia bilang, “udah ah, kalo ummi marah-marah wae, ahmad mau cari ummi baru aja”. (eee… enak aja cari ummi baru! hehe)

Dengan serius… Katanya, “kalau ummi suka marah ahmad cari ummi baru aja ah yang ga suka marah, atau ke kampung aja sama mbah uti. Mbah uti kan suka senyum-senyum”. (ga pernah marah maksudnya, ya iya lah…masa mbahnya marah-marah sama cucunya).

Percayalah… saat itu aku nangis-nangis (sambil diketawain abinya ahmad). Suamiku senang kali ya kalau ahmad minta ummi baru… *(cup..cup, sambil ngapus mata yang berkaca-kaca)

Dirayu-rayu biar ngambeknya ilang, susah. Padahal sekali umminya salah trus minta maaf, dia biasanya langsung maafin and peluk-peluk sayang-sayang. Akhirnya keluarlah senjata pamungkas, “maafin ummi yah… nanti ummi kasih hadiah yakult sama melon deh”. Sukses….ahmad kembali ke dalam pelukanku, bukan ke pelukan ummi yang baru. hehe…Ternyata gampang ya, kasih hadiah beres.

Pas kita lagi curhat-curhatan beberapa waktu lalu, ahmad  bilang jujur padaku, “ummi itu suka marahnya kadang medium, tapi ummi baik, habis itu ummi minta maaf trus senyum, sayang lagi sama ahmad”. waduh,,waduh,,,baiknya kamu nak (waduh, kok dadi mbrebes mili meneh tho!)

Kesimpulannya:

  • ibu-ibu dilarang marah-marah sama anak-anaknya
  • ibu-ibu wajib banyak senyum ke anak-anaknya
  • sering-sering lah memberi hadiah ke anak-anak
  • kalau salah, jangan segan-segan meminta maaf ke anak-anak
  • kalau ibu-ibu sering memperlakukan anak-anak dengan tidak baik, siap-siap aja anaknya minta ummi baru!

12 thoughts on “Mau cari ummi baru

  1. @ mutia
    pernah tanya ke ahmad, mau ga punya ummi baru? ga mau katanya. kalo lg dimarahin aja kepengin ummi baru, dikirain ummi baru ga bisa marah gitu??? hehehe

  2. masyaaAllah, Ahmad gokil banget sih masa minta umi baru!?
    btw, ana punya pendapat qta kasih hadiah ke anak occasional moment aja bagusnya, soalnya adik ana yg di banjiri hadiah semasa kecil (maklum bungsu), belakangan ini sering nodong2 gitu kl ingin sesuatu, dan level hadiah yg di request semakin tinggi aja😦

  3. “””ummi baru””….diawal-awal aja ga marah….tar lama2 juga bakalan marah2….xixiixi…
    Dah diterima aaja ummi lama 1 paket mas ahmad!!!,,,, lagian dah kebukti kan walo suka marah tetep belikan yakult, es krim, dll….hehehe….

  4. @ ummu salman

    wah, smg ahmad jgn smp kayak adek anti deh…secara mgkn kami ga kuat ngebeliin yg tinggi levelnya…

    ada lg gokilnya ahmad (hehe gokil ga ya?). kalo minum madu biasanya aku kasih 3 pucuk sendok (3x), trus nanti aku kasih hadiah/bonus 2 pucuk sendok (biar senang lah, habis dia suka banget minum madu, mau lg mau lg). senangnya masyaallah. padahal kalo diakumulasi 5 pucuk sendok itu sama dg 1 sendok makan, pokoknya aku buat sedemikian rupa 1 sendok makan itu dibagi ke dlm 5 pucuk sendok. tapi akhir2 ini dia lebih suka dikasih “nol” sendok, hadiah/bonusnya 5 pucuk sendok. sbnrnya sama kan? hehe… (secerdik2 anak gmn jg lebih pinter ibunya). jg kalo mau makan banyak nanti dikasih hadiah yakult misalnya (padahal ga mkn banyak pun dia tetep dpt jatah minum yakult, hehe). senangnya… atau kalau mau bobok siang nanti dikasih hadiah boleh main keluar. dll… padahal sbnrnya jatah madu 5 pucuk sendok itu memang haknya, minum yakult itu jg dah kebiasaannya n menurutku memang baik untuk kesehatannya, main sore keluar rumah jg emang dah jadwalnya sehari-hari. tapi kata2 “hadiah” menjadi konotasi yg sangat positif di benaknya. kalo dipikir2 lugu bgt ya, padahal semua yg kuberikan td kan emang udah “kewajibanku” utk memberikannya, hanya saja aku namain hadiah. tapi positifnya, dia jd merasa “berprestasi”. dia jg selalu berpikir, betapa baiknya ummi selalu ngasih hadiah… (ge-er)

    oya jd inget, kemaren syaikh abu hafsh jg kasih nasihat ke anak2 SD an najiyah (semacam muhadharah gitu). di akhir kajian, syaikh nanya ke santri, “coba siapa di antara kalian yg pernah ngasih hadiah ke ibu kalian?”. diantara santri ada yg pernah ngasih hadiah sabun, ngasih bros (sampai syaikh bingung, apa itu bros?). Tapi ternyata diantara sekian banyak santri hanya sedikit sekali yg pernah ngasih hadiah ke ibunya. syaikh sampai minta ke anak2, setelah ini anak2 harus ngasih hadiah ke ibu, boleh apa aja. kalau ga punya apa2 untuk dikasihkan ke ummi, kasih hadiah ‘doa’ juga boleh kata syaikh. insyaAllah tahun depan syaikh akan kembali ke indonesia, dan akan bertanya sudahkah semua santri memberi hadiah ke umminya…. aku sampai speechless…syaikh begitu perhatian thd anak2 dan begitu mengerti betapa pentingnya ‘sebuah hadiah’.

  5. @ ummu fatih

    heran jg ya, mesti dah tahu ga baik marah2,,,tp tetep aja kadang ga bisa menahan marah. istighfar..istighfar.. buat ahmad, “gini2 jg the best ummi”. wkwkkw…

  6. mas ahmaadd… aya2 waee😀

    ternyata dimana2 sama yaa..ummahat itu suka bengak bengok n marah2 xixixi..
    kadang bapaknya khansa bilang “ummi jangan teriak2, nanti khansa ikut2an” , eh di lain waktu baru beberapa menit abu khansa sama khansa, lha kok abu khansa wis bengak bengok..”khansaa, jangan begini, haduuuh..kok mainan makanan.. dll” (kurleb sperti itu).. xixixi,,

  7. “Percayalah… saat itu aku nangis-nangis (sambil diketawain abinya ahmad). Suamiku senang kali ya kalau ahmad minta ummi baru… *(cup..cup, sambil ngapus mata yang berkaca-kaca)”

    Hehehe==> sopan dikit nulisnya, padahal nyatanya di sini rada-rada ketawa ngakak

    …”ummi baru” ya…

  8. @ fafa
    nggak kok… umminya ga baru, ini ajah. sekarang ahmad lg sayang banget sama umminya n abinya, soalnya baik…ga marah2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s