ela..ela..


(ga tahu nih gimana nulisnya)

“ela..ga kena..ga kena..!”
“ela..ummi pake jepit rambut, kayak lady aja!”
* baca “ela” seperti pada kata “tante ella”. hai tante ella! pasti baca ini kan? ngaku deh.. hehe!!

beberapa waktu lalu ahmad sering banget pake istilah ini. sampai abinya jengah pisan! habis semua-semua pake ela! kalau aku sih santai saja. tapi abinya takut ahmad jadi keterusan.

ela ini..istilah sundanya apa ya? eleuh kali ya? kalo bahasa jawanya sih semacam “weleh..weleh..”

bermain dengan teman-teman yang kebanyakan anak-anak berbahasa sunda, membuat ahmad banyak memakai kata serapan dari bahasa sunda.
– seperti menyisipkan kata teh pada setiap kalimat. “ini teh bagus mi!”. “ahmad nemu burung, terus teh dipelihara” (padahal ga pakai “teh” juga udah bagus kan? haha)
– menggunakan istilah “mereun” daripada “barangkali”. “mi, dia pergi mereun..tadi disamper ga ada”
– mengganti kata “ga tahu ah” dengan “teuing”. bahasa jawanya, “mbuh ah”. kemana teman-teman ahmad? “teuing…”. harus pas logatnya, baru bisa merasakan sensasinya! haha..sunda bangeeeetttt..
– memakai “ku” untuk mengganti kata “oleh”. “ku ahmad..ku ummi..”. dan ku..ku.. yang lain

yah, mau gimana lagi. ahmad sepertinya berusaha menyesuaikan bahasanya dengan bahasa teman-temannya. dengan begitu dia merasa nyaman dalam lingkungan bermainnya.

“mi, kata teman-teman teh kalau naik ayunan kenceng pisan nanti bisa ngacleng ka makkah”. (aya-aya wae barudak!!)
ela..ahmad dah bisa bahasa sunda…

6 thoughts on “ela..ela..

  1. Aih, si ahmad teh bikin tante ela geer pisan. T[e]uing…
    Padahal gk ngerti jg itu tante ella yg mana yg dmaksud di atas. Baru baca2 cerita boronganx. Terpaksa harus jarang buka laptop. Mertua tercinta datang. Jdi nemenin jalan kemana-mana.
    Salam itu ahmad

  2. @ tante ella
    waduh senangnya ditengok mertua. salam buat tante ella nih dr ahmad. salam jg buat tetanggamu ya…

  3. Wa’alaiki wa’alaihi assalam.
    Maksudnya tetangga ana Mba Dela?
    Beliau pindah rumah, sdikit jauh dari rumah ana.
    Jadi jarang ketemu skrg.
    Mba Dela insya Allah mo pulang Indonesia sekitar Januari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s