gara-gara kepepet


untuk urusan BAB, jujur ahmad masih kesusahan cebok sendiri. apalagi kalau ada ummi dan abinya, sepertinya dia tak punya usaha untuk cebok sendiri. otomatis dia akan teriak, “miiii…udaaaah!!”. itu adalah sinyal, pertanda hajatnya sudah selesai.

beberapa kali dia terjebak di rumah sendirian. abi kerja, umminya belanja ke warung. namanya ibu-ibu, kalau ke warung kan biasanya butuh waktu agak lama. maksudnya aku pribadi. soalnya milih-milih kan suka lama, bingung mau masak apa. ngantri di kasirnya juga kadang lama. warung juga ada kasir kan? hehe. belum lagi ketemu ummu fulan, ummu fulanah, bu ini, bu itu.. biasanya diajak ngobrol, atau kadang malah aku yang ngajak ngobrol mereka, tergantung kebutuhan.

dalam keadaan sendirian di rumah, ahmad beberapa kali BAB. kok ya pas ummi ga ada tho le..le.. (syukurin, eh maksudnya bagus kan buat latihan, hehe). otomatis kalau ga ada umminya ahmad kan harus cebok sendiri. pake sabun, pake air banyak-banyak, byur..byur..sentor. selesai.. bersih? itu nomor dua. yang penting dia mau cebok! mungkin itu satu-satunya pilihan daripada dia jongkok lama sampai pegel nungguin umminya ga pulang-pulang. sebenarnya mungkin dia dongkol sama aku nih. tapi aku pura-pura polos aja lah. benar saja, begitu aku sampai rumah dia langsung ngadu, ngomel-ngomel, dan ga bisa menahan tangis (hehe, tangis marah, sedih, atau haru nih?). gampang mah anak ummi satu ini, tinggal dipeluk, gendong, cium-cium, sambil dipuji-puji juga diam. “masya allah..nah, gitu dong, ahmad pintar, ternyata udah bisa kok cebok sendiri”.

ternyata…kepepet itu banyak manfaatnya. lihat saja kita, sering banget bisa segala hal karena kepepet. kadang sesuatu yang sepertinya tidak mungkin menjadi sangat mungkin terjadi. sekarang tahu kan, bagaimana membuat anak-anak melakukan hal sulit tanpa memaksanya?

sejak saat itu, setiap aku pergi ke warung dia selalu berpesan, “jangan lama-lama ke warung ya mi..”. tak mau kalah, aku juga selalu berpesan, “nanti kalau kebelet eek ahmad bisa cebok sendiri kan?” setelah itu aku bisa dengan tenang melenggang ke warung..

Tinggalkan Balasan

