burung yang malang


suatu hari,

sebelum tidur siang ahmad berpesan, “mi, nanti kalo abi tanya, ahmad belajar ga? jawab iya, ya. kalo abi tanya,
belajar apa? jawab, belajar merawat burung yang sakit.”

ahmad rupanya kawatir ditegur abi karena ga belajar.

tapi benar, ahmad ga bohong kok. hari itu dia memang belajar merawat burung yang sakit…

ahmad nemu burung yang terpincang-pincang di dekat rumah, beberapa meter dari rumah. rasa kasihannya muncul, dia
berinisiatif membawa burung itu pulang. tapi sayang, karena ga berani megang burung itu malah digelandang pake
ranting sampai teras rumah. yo panteees, burung itu makin parah. oalah le..le..piye tho..

kesalahan dia satu, kenapa bawa ke rumahnya digiring pake ranting, harusnya kan dipegang pelan-pelan.. mungkin itu yang membuat burung itu makin parah lukanya. akhirnya aku pun menyuruh dia minta maaf ke burung itu. “buruung, maafin ahmad ya..”, rengeknya. aku bilang, “lagi, yang tulus minta maafnya, kasihan tuh burungnya”. dia pun dengan
polos mengulangnya, “burungggg.., ahmad minta maaf ya…”. hehe…

burung itu ditempatkan di pagar, ditutup sekelilingnya. ditetesi betadin karena nampak lecet-lecet punggungnya.
dikasih beras dan disuapin minum pake sendok. tadinya burung itu dah ga bisa apa-apa, tapi kemudian mulai bisa
jalan. gembiralah ahmad..

setelah dirasa keadaan si burung lebih baikan, kita tinggal tidur. sorenya, begitu bangun ahmad langsung nengok
burung itu, ternyata sudah dikerubutin banyak semut, mana udah mau hujan lagi. akhirnya burung itu dipindah ke
teras, tempat yang lebih aman. selang beberapa lama ditengok lagi, burungnya sudah terkulai tak bernyawa. hiks…kasian banget. tadi napasnya ngik-ngik, sesak banget. eeee…sekarang malah meninggal burungnya. dah takdir
tuh burung mati hari itu. mau gimana lagi. lihat burung meninggal aja sedih banget…

menjelang maghrib ahmad menggali tanah dengan cangkul kecil, burung itu dikubur. innalillahi wa inna ilaihi
raji’un…semoga kesalahan ahmad pada burung itu diampuni Allah…

*Cerita bbrp th yg lalu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s