Belajar matematika di warung soto


Kami sekarang punya langganan rumah makan lumayan enak. Soto kudus… meskipun mereknya soto kudus tapi yang punya orang kebumen. Masih tetangga kampung.

Dari sisi rasa ga identik dengan soto kebumen. Pantes lah disebut soto kudus… karena meskipun yang punya orang kebumen tapi yang meracik bumbu orang “nDemak”… pake “n” ya, biar sensasi pengucapannya pas…ndemak…Hehe…

Sudah 2x kami makan disitu. Sengaja ga dibawa pulang biar rasanya lebih enak. Hehe…

Pas kedua kalinya kami makan disitu, ahmad lihat-lihat harganya… dan dia ngitung habis berapa kami makan. Soto nasi campur 10000, soto nasi pisah 11000, pelengkapnya perkedel 1500, sate telor puyuh 2500, sate paru 2×2500, es jeruk 2×6000, kerupuk 1000. Dengan bantuan abi, ahmad berhasil ngitung habisnya 43000… yeah…. tumben bener ngitungnya… pake lima ratusan segala kan rada mbulet…

Ahmad belajar matematika di warung soto…kkkk

Lalat tsetse afrika


Ngomong-ngomong soal lalat nih….Lalat ada berbagai jenis dan ada dimana-mana. Mereka mempunyai sepasang sayap untuk terbang. Sayap belakangnya yang kecil hanya untuk menjaga keseimbangan. Lalat membantu penyerbukan tumbuhan dengan cara membawa serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya. Namun ada juga lalat yang membawa penyakit.

Berikut ini beberapa macam lalat:

# Lalat apung atau lalat bunga
Disebut demikian karena sering terbang melayang di sekeliling bunga. Garis di tubuhnya mirip dengan tawon

# Lalat hijau dan lalat rumah
Mereka memakan semua jenis makanan. Mereka punya indera perasa di kaki mereka yang membantu mereka apakah makanan itu bisa dimakan.

# Lalat tsetse afrika
Lalat ini membawa penyakit tidur. Mereka menyebarkan penyakit dari hewan liar ke manusia dan ternak dengan cara mnnggigit dan menghisap darah korbannya.

# Lalat kotoran
Seperti semua lalat lainnya, dia memulai hidup sebagai larva yang hidup di dalam kotoran hewan. Mereka memakan dan menghabiskan kotoran tersebut… *hiii…. jijiknya*

Ternyata benar kata ahmad, ada lalat yang bisa menyebabkan penyakit tidur. Tapi insyaallah umminya ahmad lagi hobi tidur bukan karena gigitan lalat Tsetse ini, apalagi lalatnya jauh-jauh datang dari afrika, tapi karena memang bawaan bayi… hehe… *alibi*

Anak-anak memang tajam ya ingatannya… kirain waktu ahmad “ngata-ngatain” umminya tidur mulu karena digigit lalat ahmad ngomong sembarangan. Ternyata dia tahu fakta lalat penyebab penyakit tidur dari sebuah ensiklopedi..

Informasi lalat ini diperoleh dari sumber:
Ensiklopedia Mini (erlangga for kids), halalaman 220