Cerita mudik 2014


#Cerita lama baru sempat diposting#

Alhamdulillah setelah tahun sebelumnya ga mudik, tahun 2014 akhirnya bisa mudik juga.

Sebenarnya ga ada rencana mudik okt-nov kemarin. Malah rencananya mau mudik akhir tahun sekalian ambil cuti kantor. Liburan sekeluarga gitu.. Qadarullah mudiknya maju.

Karena pas abi ke swiss 2 bulan kami bertiga sempat masuk rumah sakit, akhirnya pas abi harus ke itali 1 bulan (atau 1,5 bulan ya lupa) kami pun memutuskan mudik.. daripada..daripada…

Dalam waktu setahun kemarin kami memang sering ditinggal, sepertiga tahun hidup tanpa suami.. halah halah.. Tahun sebelumnya, pas hamil tua, ditinggal ke itali 2 minggu. Pas maryam baru lahir, ditinggal ke jepang 2 minggu. Pas maryam 8 bulan, ditinggal magang di CERN swiss 2 bulan. Pulang dari swiss cuma 10 hari, pergi lagi ke itali 1/1,5 bulan.. Lebaran idul adha 2 kali tanpa suami. Kalau kata ahmad, poor ummi…

Ya, harus disyukuri, masih bisa pulang ke indonesia dalam keadaan sehat dan selamat. Bisa ketemu anak istri. Kan lagi musim kecelekaan pesawat kemarin tuh.. Tragedi M370, tragedi MAS yang ditembak jatuh di ukraina.. belum lagi tragedi air asia. Na’udzubillah.. jangan sampai mengalami..

Selama abi ke swiss, kami ditemani ibu mertua. Alhamdulillah, ga sepi-sepi amat jadinya. Dan kalau ada apa-apa ada bantuan. Kasian mbah uti, bantuin masak, belanja, nyuci, njemur, nyetrika.. momong (mantune ga sopan ya, hehe). Kalau aku masak, mbah pegang maryam. Kalau aku momong, mbah yang nyuci njemur dsb… Pas kami bertiga sakit, mbah yang merawat, mengerjakan semuanya.. Semoga mbah uti selalu sehat, dibalas pahala berlipat-lipat atas semua kebaikan yang beliau berikan untuk kami.

Kembali ke mudik…

Perjalanan dari cibinong-kebumen sangat melelahkan. Ga bisa naik kereta lagi seperti kalau mudik dari bandung. Mudik lewat pantura… Duuuuuh.. jalannya… pas awal awal lancar… mulai masuk kawasan purwokerto jalan grunjal-grunjal ga karuan, apa kami salah ambil jalan ya.. atau si sopir yang ga bisa nyetir halus.. weleh2… Ga tau nanti kalau mau mudik lagi mesti naik apa, naik mobil kok rada trauma. Naik kereta pun harus ke jakarta dulu. Posisi cibinong memang susah secara transport (ah, cuma perasaanku aja kali…)

Pas di jalan ahmad batuk terus, qadarullah pas mau mudik lagi batuk. Syukurnya maryam sehat, di jalan pun tak rewel. Sampai kampung pun maryam tetap sehat. Alhamdulillah…. Tinggal pemulihan si kakak.

Rencana mudik disusun rapi. Agenda mau apa aja dah dilist.

1. Program pemulihan kami bertiga.  Sebelum mudik, kami baru pada sembuh, aku sempat DB, maryam muntah2 diare sampai dehidrasi dan nginap di RS, ahmad jg batuk pilek demam beberapa hari disertai mimisan cukup parah beberapa kali, sampe ngocor-ngocor, bahkan sempat muntah-muntah hebat juga. Mantap lah sudah… langganan masuk rumah sakit rupanya kami nih.. Harapannya selama di kampung kami bisa menghirup udara segar. Dan makan bisa terjamin.. perbaikan gizi… kkkk. Tapi ternyata derita belum berakhir.. selama di kampung kami bertiga malah jadi santapan kutu kucing.. Gatal tak terkira, beberapa minggu lamanya. Habis badan ahmad digaruk-garuk.. aku pun parah.. maryam juga kena..  Sampai-sampai mbah kakung naik atap berburu kucing.. seperti adegan film tom n jerry saja.

2. Refreshing. Ahmad sudah lama pingin pulang kampung. Pingin jalan-jalan, sepedaan keliling kampung,berkebon, ke sawah, ke pantai.. Ternyata mbah kakung kerja full senin-jumat sampai jam 5 sore. Bahkan akhir pekan kerja juga. Gagal berkebun… Ke sawah juga sesekali, karena ternyata bukan musim bertanam atau panen. Ke pantai juga cuma sekali, karena ga ada yang nganter.. mbah kakung sibuk, abi ga ada, om pun ga ada yang pulang. Naseeeeb…

3. Ikut sekolah. Rencana 2 hari sekali ikut mbah uti k sekolah, ikut belajar dan ketemu teman-teman. Tapi ternyata hanya seminggu sekali. Sekolahnya bubar hampir sore, ga kuat capek. Malah kadang hujan. Mbah uti juga sibuk.. Kasiaaaan ahmad…

4. Silaturahim dan jalan2… ketemu keluarga, tapi akhirnya ga bisa mengunjungi keluarga satu persatu, kalau ga ada suami malas mau kemana-mana. Hanya bisa mampir sebentar. Padahal kalau mudik pinginnya abi cuti, pingin ke LIPI karangsambung, lihat situs bebatuan.. Atau kemana lah.. Benteng van der wijk kek, pemandian air panas kek, nyobain semua makanan kebumen kek.. Pupus sudah…

5. Shopping di bandung. Dari kampung rencana ga langsung balik ke cibinong. Karena abi mau workshop di bandung, kami ikut. Abi kerja, ummi belanja.. Kata abi, tepatlah kalau suami istri disebut workshop, suami kerja istri shopping.. Naaah, pas kaaan…hahaha. Ternyata… gagal maning. Aku sakit, diare parah.. akhirnya istirahat total di hotel. Hahaha.. hotel melati pula. Inilah hikmahnya, niatnya dah ga bener sih dari awal. #Rasain.. wkkk

##

Ahmad memang kecewa dan sakit hati…
Ada beberapa item yang mau dia beli…
tapi ga jadi gara-gara ummi…
Syukurlah abi dah beliin oleh-oleh dari luar negri…
Cukuplah untuk sekedar mengobati…

Yah, manusia bisa berencana.. kenyataan bisa saja beda…
sudah diatur sedemikian rupa..
tetap Allah yang kuasa…
kita tak bisa apa-apa…

hmmm… kata si abi..
ini bukan kejadian yang pertama kali..
mau liburan dan jalan-jalan gagal lagi..
memanglah ahmad dan ummi…
kalau sakit tak pernah bisa diprediksi..

tak apalah semuanya…
yang penting bisa jumpa keluarga…
setelah lama tak bersua…
senang tak terkira…
tatkala suami kembali tiba…
bertemu anak istri tercinta…

#mudik yang tak terlupakan#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s