Bukan gagal… hanya belum berhasil


Dear ahmad,

8 tahun sudah usia ahmad. Sebenarnya sejak bayi ahmad sudah menjadi seorang pembelajar. Belajar menyusu, tengkurap, makan, minum, duduk, merangkak, berjalan, berlari.. Hingga bertambah usia pun semakin banyak belajar. Belajar menggambar, mewarnai, menulis, membaca, berhitung.. Makin besar makin banyak yang dipelajari. Termasuk belajar mengatur emosi, menahan diri, bersabar, memahami.

Tak disangka, semakin besar semakin banyak hal yang harus dipelajari. Begitu membuka pintu dan jendela, nampak semakin banyak hal diluar sana yang belum disentuh. Semua itu baru terlihat dari jauh, belum didekati. Apa yang dipelajari baru satu titik tinta di tengah air lautan.. Bayangkan.. belum seberapa, kan?

***

Kalau tulisanmu masih acak-acakan itu bukan berarti kau belum bisa menulis. Kau hanya perlu banyak menulis, lama-lama akan rapi.

Kalau kau belum banyak hapalan, itu bukan berarti karena kau tak menghapal. Kau hanya perlu lebih banyak dan serius menghapal.

Kalau kau belum bisa membuat kreasi, itu bukan berarti kau tak bisa berkarya. Kau hanya perlu telaten dan mencoba.

Kalau kau belum pintar matematika, bukan berarti kau bodoh dalam matematika. Kau hanya perlu menyukainya, dan bersabar menghitung angka-angka.

Kalau kau masih belum disiplin, bukan berarti disiplin itu menyusahkan. Kau hanya perlu melakukan hal yang seharusnya, kau akan tertib nantinya.

Kalau kau belum mandiri, bukan berarti karena kau tak bisa melakukannya. Kau hanya perlu membiasakannya. Kau akan terkejut bahwa ternyata itu sangat mudah.

Kalau kau kurang rajin, bukan berarti kau itu pemalas. Kau hanya perlu lebih semangat. Kau akan tahu malas itu ternyata membosankan.

Kalau kau banyak kekurangan, bukan berarti kau tak punya kelebihan. Di antara kekurangan-kekurangan itu, satu saja kelebihanmu sudah membuat kami bangga. Kau tak harus menjadi seorang dengan penuh kelebihan, karena kekurangan tidak selalu menjadi suatu kesalahan.

***
Kekuranganmu adalah bagian dari kekurangan ummi dan abi,
kita hanya perlu memperbaiki

With love,
Ummi dan (mewakili) Abi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s