Reminder


Sebagai muslim, pendidikan yang seharusnya kita berikan pada anak-anak kita adalah pendidikan yang dimulai dari mengajarkan nilai-nilai islam di atas pemahaman islam yang benar. Tidak hanya ketika kecil, saat menginjak remaja, dewasa, terus demikian sampai akhir..

Tak peduli sang anak kelak akan menjadi apa, sudah menjadi keharusan bahwa anak-anak harus kita ajarkan untuk berjalan diatas islam, dimanapun berada, pada kondisi apapun, kapanpun.. sekali lagi, nilai2 islam yang benar.

Karena ternyata, gelora semangat islamic homeschooling tak cukup hanya sekedar stempel atas nama islam. Tak cukup….

Ya, seperti sebuah retorika.. tapi itulah pendidikan yang sebenarnya..

Selama ini kita sering mendengar kalimat, “hasilnya spt apa, yang penting prosesnya”.. itu tak benar mutlak, ada yang perlu ditambahkan… ingatlah, innamal a’maalu bil khowaatim.. amal kita tergantung bagaimana akhirnya. Kita tidak pernah tahu akhir dari usaha kita akan membuahkan hasil seperti apa, kita dan anak-anak kita akan seperti apa.. akhir yang baik tentu yang kita harapkan.

Alangkah percaya dirinya kita, telah mendidik anak-anak atas nama islam, tapi ternyata bukan nilai-nilai islam yang sesungguhnya yang kita ajarkan. Sepertinya kita sudah merasa tenang, jika kita sudah berbicara dengan embel-embel kata islam..  Tapi naifnya kita, itu kadang anggapan kita saja.

Mari kita belajar apa itu islam dan apa yang diajarkan oleh islam. Masih banyak yang belum kita ketahui tentang ajaran islam dan pemahaman islam yang benar. Jangan sampai yang kita wariskan kepada anak-anak ternyata bukan nilai islam yang sesungguhnya. Sekian puluh tahun yang akan datang insyaallah kita akan melihat output yang kita hasilkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s